Kamis, 09 Mei 2013

Cara Memelihara/Merawat Hamster Bagi Pemula Agar Hamster Sehat

cara merawat hamster untuk pemulaCara Memelihara/Merawat Hamster Bagi Pemula Agar Hamster Sehat - Hamster adalah sejenis tikus yang banyak dipelihara karena bulunya yang halus, lucu. Tak heran jika kemudian banyak orang dari beragam latar belakang dan usia yang berminat untuk menjadikan hamster sebagai hewan peliharaan. Sedianya memelihara hamster tidak tergolong sulit. Namun, jika anda berniat untuk memelihara hamster, anda tetap harus memperbanyak informasi mengenai pemeliharaannya. Sebab, jika cara memelihara hamster ini tidak tepat, tentu akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi hamster peliharaan anda.

Memelihara hamster tergolong mudah karena perawatannya yang tidak terlalu rumit. Sekalipun demikian, anda juga tidak bisa menyepelekannya begitu saja. Jika anda memutuskan untuk memelihara hamster, maka anda harus berkomitmen untuk bertanggungjawab atasnya. Berikut beberapa tips untuk merawat hamster bagi pemula:

Cara Memelihara/Merawat Hamster Bagi Pemula Agar Hamster Sehat

  1. Ada baiknya anda memperhatikan pemilihan jenis hamster yang mungkin bisa anda pelihara. Anda bisa bertanya dengan pemilik toko hewan, ataupun para pemelihara hamster lainnya. Pastinya, anda harus banyak mencari informasi mengenai jenis hamster yang mungkin bisa anda pelihara. Agar anda tidak merasa kesulitan saat memeliharanya. Juga penting untuk anda mengetahui pola makan dan hal-hal mendasar dalam perawatan hamster tersebut.
  2. Hamster sangat membutuhkan kasih sayang dari pemiliknya. Mengapa demikian? Sebab dengan kasih sayang, hamster yang anda pelihara akan semakin mudah diatur. Anda harus sering-sering menyentuh dan bermain dengannya agar ia cepat mengenali anda. Begitu juga dengan mencium aroma tangan anda. Hamster peliharaan anda dengan cepat beradaptasi dengan anda.
  3. Beri perhatian lebih untuk kandangnya. Hamster tentu akan menghabiskan seluruh waktunya di dalam kandang. Oleh karenanya anda perlu memenuhi semua kebutuhan yang membuatnya nyaman berada di dalam kandangnya. Anda perlu memastikan kebersihan serbuk kayu untuk kandangnya. Seperti mengganti serbuk kayu 2 kali seminggu untuk menjaga kebersihan kandang hamster. Serbuk kayu berguna untuk menghangatkan tubuh hamster sekaligus menjadi tempatnya untuk membuang kotoran. Serbuk kayu ini bisa anda dapatkan di toko-toko hewan.
  4. Perhatikan kebersihan kandang hamster. Sebab kandang yang kotor akan menyebabkan hamster rentan terjangkit penyakit. Seminggu atau dua minggu sekali, kosongkan kandang dan cuci kandang secara menyeluruh. Jangan lupa juga bersihkan seluruh peralatan dan aksesoris yang ada di dalam kandang. Pastikan semuanya dalam keadaan bersih ketika anda mengembalikan hamster kembali ke kandangnya. 
  5. Anda juga harus pandai memilih aksesoris yang akan anda letakkan di dalam kandang hamster. Pastikan bahwa aksesoris itu memang dibutuhkannya. Tidak hanya sekedar hiasan saja. Perlu anda ketahui bahwa di alam liar, hamster akan berjalan hingga delapan mil dalam semalam hanya untuk mencari makan. Hal tersebut merupakan salah satu insting alaminya. Bahkan jika ia tidak melakukannya atau tidak ada media untuknya melakukan hal tersebut, akan beresiko menyebabkan kelumpuhan. Karenanya, anda perlu menambah aksesoris berbentuk roda sebagai media penyaluran insting alaminya tersebut. Anda juga memerlukan sebuah kotak kardus kecil atau sesuatu yang dapat menjadi tempat persembunyian hamster ketika ia akan tidur. Sebab, cara tidur hamster adalah dengan bersembunyi. Hamster juga senang berjalan melalui terowongan. Jadi anda perlu menambahkannya dalam daftar aksesoris yang harus anda penuhi.
  6. Perhatikan pula persediaan makanan, serta air untuk perawatan hamster. Anda perlu menyediakan air tawar dan makanannya berupa biji Bungan matahari di dalam tempat makannya dan mengisinya setiap hari. Boleh memberikan sediki bentuk makanan lain seperti wortel, seledri, apel dan anggur untuk menambah nutrisi yang dibutuhkannya. Namun perlu diawasi takaran dan jadwalnya. Sebab konsumsi makanan tambahan ini tidak bisa dilakukan sering-sering. Juga tidak bisa diberikan dalam jumlah yang banyak. Sebab akan berpengaruh buruk pada pencernaan hamster tersebut. Jangan memberi makan coklat, biji kopi, atau kafein apapun pada hamster karena hal ini dapat mengakibatkan kematian.
  7. Jangan pernah merendam hamster dalam air untuk mandi atau alasan apapun. Hamster adalah salah satu binatang yang rentan terhadap serangan penyakit. Hamster sebenarnya akan bersih sendiri sepanjang waktu dan biasanya tidak perlu dibersihkan. Hamster kerdil akan sangat menikmati mandi debu. Anda dapat membeli debu atau bubuk debu untuk mandi hamster di toko hewan peliharaan. Jika sekali waktu memang mengharuskan anda untuk membersihkan sesuatu dari hamster anda. Anda dapat dengan aman menggunakan kain basah atau tisu khusus untuk hewan peliharaan. Tidak perlu menggunakan sabun atau sampo pada hamster Anda.
Saya berharap semoga informasi ini dapat membantu anda  dalam Cara Memelihara/Merawat Hamster Bagi Pemula Agar Hamster Sehat

106 komentar:

  1. Balasan
    1. kacang tanah,wortel,biji bunga matahari,kacang hijau,kedelai,toge..
      itu biasa mas, buat asupan minumnya aku biasa gunakan toge aja..
      itukan mengandung banyak air..

      Hapus
    2. kalau cara buat jinakin hemster mbak.???
      kalau minumnya aku biyasa kasih air putih mba,apa itu masalahnya hemster saya mati.???

      Hapus
    3. kasih aja makanan burung
      minum.y cukup air putih

      Hapus
  2. hmm hamster tu senangnya diapain

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. why my hamster so aggressive and cannot be touch?when i touch him, he will bites me..why that happen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. what's your hamster robo campbell winte white?

      Hapus
    2. Ya, punya saya hamster campbell putih dan suka nyakar saya. Itu gimana cara menjinakkannya ya?

      Hapus
  5. Serbuk kayu yg di ganti itu serbuk kayu bayu atau serbuk lama yg di cuci?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serbuk kayu baru aja gan,hrganya jga gak mahal kok.

      Hapus
  6. Gan hamster bisa gigit gk..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan ane punya hamster sriya dia itu ad dua pasang yg satu cwek ama cwok nah yg cwok nya itu sering banget berantem ampe ngigit yg cwek ny itu gimana ya ?

      Hapus
  7. Hamster boleh gag di beri makan tomat ??

    BalasHapus
  8. wah makasih banget atas info nya kak, saya jdi banyak tahu tentang merawat hamster

    BalasHapus
  9. Bagaimana ya agar jika lahir anak" bayi hamster tidak dimakan induknya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dipegang pegang, nanti bau anak hamster nya sudah tercampur dengan manusia , maka dari itu di makan oleh induk nya,

      Hapus
    2. tapi kl uda punya bulu? yaa masih kecil sih. emang tetep ga boleh dipegang?

      Hapus
  10. caranya agar hamster bisa punya bayi gimana yh ?? terus klo kandangx boleh dari aquarium ..

    BalasHapus
  11. kandang yang bagus untuk hamster terbuat dari apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh pke aquarium, tapi kasi dengan serbuk kayu/ kertas juga boleh

      Hapus
  12. gan klo hamster putih yg mata merah itu jenis apa namanya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hamster winter white, variasi pearl

      Hapus
    2. kalo putih polos mata merah kemungkinan hamster cambel Albino..

      kalo putih ada garisnya mata merah itu hybrid..

      Hapus
    3. kalau winter white pearl itu matanya hitam.

      Hapus
    4. Kalo yang putih mata merah itu bisa semua jenis, cuma dia warnanya yang gitu aja :D

      Hapus
  13. Untuk jadwal pemberian makanan kapan aja .. 1 minggu 3x ato nunggu makanannya abis ?
    Minta sarannya dong !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan saja bisa. Tp jgn smpai trlalu berlebihan ( bs diabetes) & jgn trlalu sdikit

      Hapus
  14. kapan bayi hamster bisa dipisah dr induknya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayi hamster d satukan dengan hamster betina. Sdangkan si jantan, di pisahkan dr btina& anak

      Hapus
    2. Bayi hamster bisa dipisah dengan indukannya sekitar umur 3-4 minggu...

      Kunjungi juga blog ane, tentang hamster juga di : http://sangattahamster.blogspot.com/2014/09/cara-merawat-hamster.html

      Hapus
  15. Hamster saya warna coklat dan putih,itu hamster jenis apa ya? Apa trmasuk jenis yg suka menggigit?

    BalasHapus
  16. Aku baru beli hamster syrian terus kalau dipgg si hamster gemetar. Emang gitu y?

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. hamster sy jenis syrian klo di kasih makan bukannya di santap tapi cuman di simpan di tempat persembuniannya sampai tempatnya penuh, dan si jantan selalu ngejar2 betinanya sehingga sbetinyanya selalu bersembunyi sepanyang hari , mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. insting liar nya untuk berhibernasi

      Hapus
  19. tjs jeng, jadi ada sdikit pencerahan nih, kebetulan baru beli hamster nih

    BalasHapus
  20. mas ijin ya saya
    http://ow.ly/JCExg
    http://tinyurl.com/l5lvej7
    http://to.ly/NhVf
    http://bit.ly/1FWOHz0
    http://goo.gl/dsJID7
    http://bit.do/biduran

    BalasHapus
  21. habis beli hamster tapi lupa sama pasangannya tadi. apa masalah buat hamsternya? jinak bgt sukak.. kayak panda kalo jalan hehe. thanks bgt infonya. btw biasaya sehari makan brp kali ya.

    BalasHapus
  22. apa yg akan terjadi jika serbuk kayu di berikan kebanyakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang akan terjadi adalah------------ jadi rugi, yg penting bisa nutup alas dan jgn telalu byk, soalnya 2-3 hari sekali diganti

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  23. Saya sering pegangnya pake sarung tangan, takut kalo2 digigit. Gmn tuh gan? Dia bisa cepat akrap jg gak sama kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hamsternya cewek apa cowok klo cowok ajak ngedate aja mbak. Biar cepet akrab klo cewek ajakin ke mall hehehe bercanda

      Hapus
    2. Klo msh kcl gigitnya ga skt, pas udh gede bs berdarah, ajak main aja ditangan di elus elus

      Hapus
    3. Klo msh kcl gigitnya ga skt, pas udh gede bs berdarah, ajak main aja ditangan di elus elus

      Hapus
    4. Biasanya Sya Klo beli hamster.jari ku aku adepin ke muka nya cernyata g gigit saya ambil taru kotak tingal di storin 1 pasang

      Hapus
  24. Saya barusan beli hamster warna coklat kombinasi putih itu jenis apa ya belinya sepasang cewe cowo mau saya latih biar jinak gimana ya caranya

    BalasHapus
  25. Saya punya hamster, kok sering banget kencing ya? Kadang kalo lagi parah parahnya bisa sehari sekali, tolong sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kencing itu sehat klo g perna kencing baru sakit

      Hapus
  26. saya barusan beli hamster nih... tapi dia kayaknya sakit skarang. gak mau gerak, kayak sakit, membungkuk aja n kadang minum. kasih saran donk... klo hamster stress, gmana cara handlenya.. kyaknya dia flu juga

    BalasHapus
  27. Kak, saya bingung banget ini saya nggak bisa ngerawat hamsternya. Soalnya itu dikado temen saya. Lah itu dikasih air apa nggak, lah kalo dikasih air, nantik malah hamsternya masuk ke airnya malahan. Gimana kak, saya bingung banget:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara ngasi minum nya pake dott hamter.. beli di petshop banyakk

      Hapus
  28. Gan, kalo hamster ditempatin di kamar yang ber-Ac boleh gak sih?

    BalasHapus
  29. Gan, kalo hamster ditempatin di kamar yang ber-Ac boleh gak sih?

    BalasHapus
  30. Gan, kalo hamster ditempatin di kamar yang ber-Ac boleh gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk papa asalkan dgn suhu normal kurleb 20c.. justru hamster malah akan mati kalau udara di sekitar nya panas.

      Hapus
  31. Kalau serbuk kayu diganti dengan kerikil kecil tdk masalah?

    BalasHapus
  32. Boleh minum air keran apa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak lah. Kalau minum air keran bisa sakit. Air matang lebih baik bro.

      Hapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Gan beli aksesorisnya dimana? Soalnya saya tinggal di wonokerto jawa tengah

    BalasHapus
  35. Gan beli aksesorisnya dimana? Soalnya saya tinggal di wonokerto jawa tengah

    BalasHapus
  36. Gan aku baru aja beli 2 hamster satu cowok satu lagi cewek,besoknya aku lihat yang satu udah mati itu kenapa ya??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg matinya yg mana yg cowok atau yang cewek,kalau yang cewek kayanya di bunuh sama si cowok atau kedinginan ,Tapi kalau si cowok yg mati kayanya karena kedinginan deh,soalnya gak mungkin yg cewek ngebunuh si cowok

      Hapus
  37. Hamsternya boleh dijemur nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin boleh ajah. Kalau hamsternya kedinginan sama jangan lama2

      Hapus
  38. hamster saya telinga yang satu merah satu putih , itu kenapa ya ?

    BalasHapus
  39. Ada yg bilang hamster jgn dpegang terutama sama anak2 krn hamster penuh dg bakteri /virus,bener ga sih itu?

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. SAYA punya hamster 1 matanya merah sama bulunya putih. 2 hamster bulunya abu2 putih. Yang jantan mana sih... hehehehe cuman mau tau

    BalasHapus
  42. YN
    Apakah hamster aman buat di pegang pegang anak2?
    Terima kasih
    Lembaga Sertifikasi ISO

    BalasHapus
  43. Apakah pasir zeolit khusus kucing boleh digunakan juga untuk hamster?
    Apakah hamster bau?
    Kandang Yang sebesar apa untuk seekor hamster?

    BalasHapus
  44. Bagaimana mandi debu buat hamster ?
    Bagus nya jenis hamster yg mana yg gampang jinak ?
    Seandainya gk ada biji bunga matahari pakai apa untuk makanan utama??
    Bagaimana membedakan cewe dan cowo dihamster ??

    BalasHapus
  45. apakah kotoran hamster bisa menimbulkan penyakit bagi manusia ?

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. di rumah sudah punya 1 hamster, lalu beli 1 lagi, semua masih kecil. tapi hamster yang baru begitu dimasukkan kandang, mereka kaya bertengkar gitu. apakah tidak boleh mencampurkan mereka jadi 1? biar rukun seperti di pet shop atau pasar hewan gimana ya?

    BalasHapus
  48. Kandang hamster saya beralaskan pasir itu gmn bersihinya...mesti dibuang pasirnya pa,gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buang pasirnya terus cuci dan jemur kandangnya , karena pasir tsb sudah terkontaminasi feses dan urine hamster,kotorannya mengandung bakteri salmonella yang bahaya buat manusia dan hamsternya.

      Hapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Gan saya mau tanya hamster itu harganya brp ya sekarang dan jenis apa yg bagus

    BalasHapus
  51. Gan saya mau tanya hamster itu harganya brp ya sekarang dan jenis apa yg bagus

    BalasHapus
  52. Mau nanya nih kok hamster saya gak mau gerak ya diem aja sama ngumpet di serbuk kayu terus

    BalasHapus
  53. Mau nanya nih kok hamster saya gak mau gerak ya diem aja sama ngumpet di serbuk kayu terus

    BalasHapus
  54. Kandang hamster, saya kasih pasir tapi kok hamster saya sukanya gali gali pasir nya??

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Bagaimana kandang yang bagus untuk hamster? Anak Saya punya hamster kerdil campbell malamnya pintu kandang sudah ditutup rapat tapi koq besoknya hilang ya.

    BalasHapus
  57. Bagaimana kandang yang bagus untuk hamster? Anak Saya punya hamster kerdil campbell malamnya pintu kandang sudah ditutup rapat tapi koq besoknya hilang ya.

    BalasHapus
  58. Gimna cara membdakan hmter jntan dgan yg btina brow

    BalasHapus
  59. Gimna cara membdakan hmter jntan dgan yg btina brow

    BalasHapus
  60. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini HANDAYANI SAID seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya silahkan kunjungi situs/website AKI MAULANA ~>KLIK DISINI<~  yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    BalasHapus
  61. Gue punya hewan hamster pamda tapi gatau cara ngawininnya

    BalasHapus
  62. Gue punya hewan hamster pamda tapi gatau cara ngawininnya

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca artikel Kumpulan Cara Tips dan Trik Terbaru di caratipsmudah.blogspot.com. Berikan atensi dan komentar anda di bawah ini